Alatberatbekas.id | Mencari Bengkel yang Jual Mini Loader atau Dozer Bekas? Baca Ini Dulu!
Kategori : Alat Berat,

Mencari Bengkel yang Jual Mini Loader atau Dozer Bekas? Baca Ini Dulu!

Wheel loader dan bulldozer atau biasa yang disebut dozer merupakan bagian dari keluarga besar alat berat yang sering digunakan di Indonesia. Mungkin banyak yang sudah pernah melihatnya ketika melintasi kawasan proyek seperti area konstruksi maupun kawasan perkebunan dan pertambangan. Baik alat berat loader maupun dozer memiliki peranan dan fungsi yang krusial pada bidang pekerjaan tersebut, sehingga keberadaannya tak dapat digantikan oleh alat berat yang lain. Dengan peranannya yang sedemikian penting, para kontraktor atau pemborong akan selalu memperhatikan perputaran alat berat yang beredar di pasaran, dan rupanya banyak dari mereka justru lebih tertarik pada alat berat bekas, maka tak heran jika sebagian besar mereka berburu informasi seperti bengkel yang jual mini loader bekas maupun yang jual dozer bekas.

Sebelum membahasnya lebih dalam, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dulu apa itu wheel loader dan bulldozer atau dozer. Wheel loader merupakan alat berat dengan roda berbahan karet yang berfungsi untuk mengangkut material dari stock pile ke dalam dumptruck atau memindahkan material tersebut ke tempat lain. Secara penggunaan, wheel loader memiliki kinerja yang serupa dengan dozer shovel. Yang membedakan adalah landasan kerja wheel loader yang relatif rata, kering, dan kokoh sehingga sangat cocok untuk digunakan di area yang harus dilindungi landasan kerjanya. Dengan segala fungsinya, wheel loader sangat dibutuhkan dalam pekerjaan proyek di lapangan. Hal ini juga membuat informasi mengenai harga loader seken menjadi salah satu yang dicari selain informasi mengenai bengkel yang jual wheel loader.

Selain fungsi tersebut, wheel loader juga memiliki manfaat lain seperti land clearing (pembersihan lapangan atau lokasi pekerjaan), stripping (mengupas area tanah yang kurang baik), penggusuran tanah jarak dekat, meratakan timbunan tanah, serta meratakan permukaan bidang rata atau yang disebut juga tahap finishing. Dalam keluarga wheel loader sendiri, terdapat mini loader, yang memiliki fungsi serupa dengan wheel loader namun penggunaannya untuk skala yang lebih kecil. Loader yang terlihat mungil jika dibandingkan dengan “kakaknya” yaitu wheel loader ini memang sangat membantu untuk menyelesaikan pekerjaan di area peternakan. Jadi, tak perlu terkejut jika informasi mengenai bengkel yang jual mini loader bekas tak kalah diminati selain informasi mengenai harga loader seken yang banyak dicari.

Sebagai rekan dari wheel loader di area konstruksi, bulldozer atau dozer memiliki fungsi yang berbeda dari wheel loader dan alat berat lainnya. Dozer merupakan alat berat berjenis traktor yang menggunakan track atau rantai untuk berjalan dan dilengkapi dengan pisau atau blade yang terletak pada bagian depan. Dozer banyak dimanfaatkan untuk pekerjaan di area pertambangan. Fungsi dari dozer umumnya berkaitan dengan kebutuhan penggalian dan fungsi untuk mendorong atau menarik material seperti tanah, pasir, dan material lainnya. Selain memiliki blade sebagai komponen utama, dozer juga dapat dilengkapi oleh ripper dan winch yang berbeda fungsinya. Ripper akan berperan penting untuk membongkar material yang tidak dapat digali dengan blade, sedangkan winch akan berfungsi untuk menarik material seperti kayu pada pekerjaan di area hutan.

“Jual dozer bekas” menjadi salah satu topik yang paling banyak dicari oleh para pemburu alat berat bekas. Kata kunci seperti “dozer Komatsu bekas” maupun “jual beli alat berat dozer” seringkali mengisi kolom pencarian di mesin pencari seperti Google. Lalu apa yang harus diperhatikan saat membeli alat berat bekas seperti jenis loader atau dozer? Sebagai alat yang pernah digunakan oleh seorang operator sebelumnya, tentu terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin memiliki alat berat dalam kondisi bekas. Poin pertama yang harus Anda ketahui adalah mengenai berapa lama alat berat tersebut telah beroperasi sebelumnya. Sama halnya ketika Anda ingin membeli sebuah mobil bekas, Anda akan melihat sudah berapa mil jarak tempuh dari mobil bekas tersebut. Meski durasi pemakaian tidak menjamin segalanya, namun mengetahui hal ini merupakan sebuah awal mula yang baik sebelum berlanjut ke tahap berikutnya.

Setelah Anda mengetahui durasi pemakaian dari alat berat, maka tahap berikutnya adalah mengetahui seberapa jauh alat tersebut pernah dirawat sebelumnya. Keberadaan catatan perawatan akan sangat membantu untuk menemukan kekurangan-kekurangan yang mungkin dimiliki oleh alat berat yang Anda incar. Sebagai contoh, mesin alat berat berdurasi pemakaian 1.000 jam belum tentu lebih baik dari alat berat berdurasi kerja 10.000 jam yang terawat dengan baik. Anda harus mengetahui seberapa baik atau buruk sebuah alat berat untuk memastikan Anda tidak mengalami kerugian untuk perbaikan di masa depan. Retakan garis rambut, karat, dan kondisi ban perlu untuk diperhatikan ketika memeriksa fisik dari alat berat bekas yang Anda minati.

Hal terakhir yang Anda tak boleh lupa ketika memeriksa sebuah alat berat bekas adalah untuk mencoba menyalakannya. Kinerja mesin saat berada dalam keadaan dingin akan dapat membantu Anda untuk menilai seberapa baik mesin tersebut digunakan sebelumnya. Asap yang dihasilkan dari knalpot juga perlu Anda amati karena warna akan sangat menentukan kondisi mesin. Asap yang terlalu hitam maupun yang terlalu putih sama-sama tidak berarti baik. Agar tidak kecewa di kemudian hari, Anda perlu mengecek kondisi secara menyeluruh termasuk ketika mesin dihidupkan. Maka jika Anda sudah paham akan semua hal tersebut, Anda dapat segera mencari informasi mengenai harga loader seken ataupun harga dozer bekas di internet. Pastikan Anda tidak salah dalam memilih bengkel yang terpercaya agar dapat membantu Anda memiliki alat berat bekas berkualitas dan minim resiko.